REQUES.BLOGSPOT. ANY HAVE QUESTION??. KLIK & ENTER, PLEASE.

6/09/2007

Bunga ANGGREK


Bunga Anggrek (dendrobium, Phalaenopsis, Oncidium, vanda dan cattleya) Bunga penghias Eksterior dan Interior rumah

Banyak jenis dan ragam bunga anggrek, bahkan ada juga yang mengeluarkan aroma wangi.  Bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik apabila ada perawatan dan pemeliharaan yang baik.
 Seperti halnya bunga gladiol, aster, krisan, mawar dan dahlia yang juga popular, bunga anggrek juga selalu memiliki penggemar fanatic.

Kecantikan dan keindahan bunga anggrek, membuat tanaman bunga ini pantas sebagai penghias taman maupun di dalam ruangan. 

Untuk penghuni taman, anggrek kerap menempati batang-batang pohon besar di taman.  Sebaliknya, untuk aksen dalam tatanan interior dalam ruangan yang dihiasi bunga anggrek akan terlihat indah dan asri.
Dan apabila dirangkai dalam wadah bercampur tanaman yang lain, anggrek pun akan tetap terlihat cantik dan menawan.
Tidak semua jenis anggrek dapat dibudidayakan dengan baik.  Namun ada beberapa jenis anggrek yang memang disarankan bagi pemula hobi anggrek, yaitu jenis Dendrobium, Phalaenopsis, Cattleya, Vanda dan Oncidium.  Bunga anggrek jenis ini cukup mudah perawatannya dan gampang berbunga.  Sehingga bunga anggrek yang terawat dan terpelihara dengan baik akan memberikan suasana keindahan taman dan interior rumah terlihat sejuk, asri dan indah.
Ragam jenis bunga anggrek yang berbeda-beda menjadikan tanaman bunga ‘favorit’ bagi pecinta bunga dan tanaman hias.
Jenis bunga anggrek yang dimaksud adalah jenis Dendrobium Phalaenopsis, Oncidium, Vanda dan Cattleya.

Anggrek Jenis Dendrobium
Anggrek jenis dendrobium berasal dari kata ‘dendro’ yang berarti pohon dan kata ‘bios’ yang berarti hidup.  Bunga Anggrek memiliki bunga yang menawan. Dendrobium memiliki banyak jenis dengan warna dan bentuk yang berbeda-beda.  Rajin berbunga dan bunganya bisa bertahan hingga 150 hari dan per tangkai bisa mencapai 20 kuntum bunga.

Anggrek Jenis Phalaenopsis
Anggrek jenis ini lebih dikenal dengan sebutan Anggrek bulan.  Phalaenopsis berasal dari kata ‘phalae’ yang berarti kupu-kupu dan ‘opsis’ yang berarti menyerupai.
Daunnya berukuran besar dan tebal.  Dapat tumbuh dengan baik di daerah hangat yang bersuhu 19-21 derajat Celcius, dengan kelembaban yang tinggi antara 70-80 persen.

Anggrek jenis Oncidium
Bunga anggrek jenis ini dapat tumbuh subur dan berbunga dengan baik apabila suhu siang berkisar 24-32 derajat Celcius, dan suhu malam 15-24 derajat Celcius, dengan sinar matahari 55-75%. Tumbuh ditempat panas tapi terlindungi seperti teras dan bawah pohon atau tempat yang terkena sinar matahari pada pagi hari saja.  Bentuk bunga jenis ini agak keriting namun menarik. Dengan corak dan warna yang menawan serta bentuknya seperti bintang dan juga kupu-kupu, dengan ukuran yang berbeda-beda, ukuran kecil dan besar.

Anggrek jenis Vanda
Bunga anggrek jenis ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut.  Jenis vanda termasuk jenis anggrek yang berbau harum, batangnya berdiri tegak dan keras dengan daun yang ramping berjumlah banyak dengan bunga yang tersusun dalam bentuk rangkaian.


Anggrek jenis Cattleya
Anggrek jenis ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu pertumbuhan 20-30 derajat Celcius dengan kelembaban 60-80 persen.  Jenis anggrek ini memiliki bunga yang besar, indah, menarik dan menawan.  cattleya berdaun tunggal biasanya memiliki bunga yang besar berwarna putih kekuning-kuningan, sedangkan cattleya berdaun kembar memunculkan bunga berukuran kecil dengan warna yang bervariasi, seperti kuning, putih hijau dan biru.

Bunga Anggrek yang terawat dan terpelihara dengan baik akan tumbuh normal dan terbebas dari hama penyakit serta dapat berbunga bagus dan indah dipandang.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar